Warung Soto Daging Sapi Pak Marto Yogyakarta


Warung soto pak Marto

Di kota Yogya ini, untuk sarapan pagi pilihan yang paling pas adalah nasi soto. Selain simple, nasi soto juga banyak ditawarkan di berbagai rumah makan diseputaran kota Yogya.  Ada soto Kadipiro, Soto Pak Gimin, Soto Seger, Soto Pak Marto dan masih banyak jenis soto lainnya. Kali ini saya diajak untuk mengunjungi salah satu rumah makan tersebut yakni soto daging sapi Pak Marto yang berlokasi di Jl. Janti No.333 Gedong Kuning depan Jogja Expo Center (JEC) Yogyakarta.

Lokasi ini sangat mudah dicapai, dari bandara Adi Sucipto, keluar gerbang bandara lurus saja kearah barat hingga sampai di pertigaan jalan layang janti, lalu belok kiri kearah ringroad selatan. Setelah sampai di perempatan lampu merah Gedong Kuning belok kanan kearah JEC. Sesampainya di depan Gedung JEC kita tidak bisa langsung ke seberangnya karena ada pembatas di median jalan, sehingga kita harus jalan terus dan memutar arah didepan kampus STTP.




Ketika saya masuk, suasana di rumah makan ini nampak masih sepi, sepertinya belum banyak pengunjung yang datang. Ya pastinya begitu, karena memang masih terlalu pagi buat para pengunjung, tapi saya yakin sebentar lagi pasti ramai. Setelah masuk saya duduk di kursi lipat warna merah dengan meja kayu didepannya, saya pun segera memesan nasi soto. Diatas setiap meja saya lihat ada ada kaleng kerupuk dengan aneka macam kerupuk, ada yang putih dan ada juga yang kuning. Selain itu juga ada sambal dan bumbu lain kalau tidak salah sepertinya garam atau lada.

Daftar menu dan harga soto pak Marto

Ketika saya ditanya tentang nasi sotonya terpisah atau tidak? Saya memilih terpisah, supaya saya betul-betul bisa menikmati sotonya. Disini kita bisa pesan nasi soto dalam satu mangkok atau nasi soto yang disajikan terpisah. Selain soto saya juga pesan satu porsi daging empal dan segelas teh tawar panas. Baik soto maupun nasinya, keduanya sama-sama disajikan dalam sebuah mangkok, sedangkan daging empalnya disajikan dalam sebuah piring kecil dalam keadaan sudah di potong kecil-kecil.

  
Soto Pak Marto ini, paling enak dinikmati pada waktu pagi hari sebagai menu sarapan. Selain harganya yang relatif murah, juga porsi nya sangat pas untuk ukuran masyarakat Indonesia umumnya. Selain nasi soto dan empal, disini juga menyediakan babat goreng. Rasanya enak kata teman saya, gorengnya kering dan dagingnya lumayan empuk. Ketika saya gigit daging empalnya memang benar, terasa empuk. Tapi sebagaimana umumnya masakan Jawa, biasanya masakan disini cenderung terasa lebih manis.

soto kuah

daging empal

Mengenai harganya, seporsi soto kuah dihargai sebesar Rp.12.000, soto campur Rp.14.000, jika dipisah antara nasi dan sotonya harganya menjadi Rp. 16,000. Selain itu ada babat/iso yag dijual dengan harga Rp. 13.000.- Ada juga empal dengan harga 20.000,- Sedangkan untuk minuman, disini menyediakan teh panas/dingin dengan harga Rp.4.000,- jeruk panas/dingin Rp.5.000,- Kopi dan juga milo harganya Rp.5.000,-. Sedangkan minuman tape baik yang panas atau dingin harganya Rp.6.000,-. Relatif murah bukan? (Agustus 2018)***


Tidak ada komentar:

Posting Komentar