Sop Buntut ma’Emun Kota Bogor

Masakan sop buntut memang ada di banyak tempat, dan kita kadang juga menikmati sop untuk menu makan siang atau makan malam. Namun kali ini seorang teman yang tinggal di Kota Bogor mengajak saya untuk kuliner dan mencoba salah satu sop buntut yang cukup populer di kota Bogor.  Warung sop buntut ini sudah cukup lama ada, dan boleh dibilang cukup terkenal. Apalagi bagi mereka yang memang sudah terbiasa dengan kuliner di seputaran Bogor. Namanya “Sop Buntut Ma’Emun”, rasanya enak dan  banyak diminati masyarakat Bogor dan tentu saja para pelanggan dari wilayah Depok dan Jakarta. kata teman saya, kalau mau menikmati sop buntut ini harus datang lebih awal sebelum datangnya waktu makan siang supaya tidak kehabisan.


Sop buntut ma’Emun

Warung Sop buntut ma’Emun

Lokasi warung makan “Sop Buntut Ma’Emun” ini terletak di jalan Bangbarung Raya No.1 Bogor Tengah. Kalau keluar dari arah gerbang tol Bogor, sesampainya di lampu terminal Baranang Siang, belok kanan ke jalan Pajajaran arah Tugu Kujang. Sebenarnya tinggal lurus saja ke arah utara akan sampai di jalan Bangbarung, tapi karena ada pengaturan lalu lintas satu arah, maka harus memutari kebun raya dulu untuk kemudian kembali ke jalan Pajajaran. Setelah itu lurus saja ke arah utara hingga sampai di showroom Suzuki Pajajaran. Nah di seberang showroom itulah jalan Bangbarung, dan lokasi warung Ma’Emun berada di sebelah kiri jalan tidak jauh dari jalan Pajajaran.

Asal mula nama warung makan ini menggunakan nama Ma’Emun, konon berasal dari kata Siti Maemunah, pemilik sekaligus juga  perintis usaha sop buntut ini. Karena masyarakat di sekitar selalu memanggil dengan nama ma’Emun, maka nama ma’Emun pun menjadi nama yang cukup populer yang kemudian menjadi nama warung makan hingga saat ini.




Sop buntut Ma’Emun rasanya lumayan enak, sehingga banyak diminati oleh para pembeli. Daging buntutnya sangat empuk dan mudah kita lepaskan dari tulangnya walaupun hanya menggunakan sendok. Jadi tidak perlu kuatir dagingnya alot, jika makan sop buntut disini. Meskipun empuk namun penampilan dagingnya tetap terlihat segar berwarna kemerahan. Sop yang dihidangkan dalam mangkok disertai dengan sayur-sayuran seperti wortel, kol, daun bawang serta ditaburi dengan seledri dan bawang goreng. Aroma nya cukup sedap dan pastinya akan menggoda kita untuk segera mencicipi. Tapi jangan lupa, tambahkan sedikit sambal dan acar mentimun-wortel sebagai pelengkapnya, biar semakin sedap.


Nasi acar dan sop buntut ma’Emun  

Pelanggan menikmati sop buntut


Suasana didalam warung

Soal harga, pastinya sesuai dengan porsi sop yang disajikan. Untuk satu porsi sop dihargai sebesar 42.000 Rupiah, jika membeli 2 porsi harganya 84.000 Rupiah. Namun jika anda membeli 3 porsi harganya tetap sama, tidak ada pengurangan harga, tetap 42.000 X 3 =126.000 Rupiah, bahkan jika membeli 10 porsi pun, maka harganya tetap yakni sebesar 420.000 Rupiah.  Harga ini tentu saja relatif tidak mahal, bahkan sama atau mungkin sedikit lebih murah jika dibandingkan dengan sop buntut ditempat lain. Apalagi rasa sop buntut ini memang sesuai dengan cita rasa para pelanggannya. 

Daftar harga sop buntut ma’Emun

Pelanggan di depan warung ma’Emun

Jika anda kebetulan sedang bekunjung ke kota Bogor dan berminat untuk mencicipi sop buntut ala ma’Emun, anda bisa mengunjungi warung makan ma’Emun pada saat anda merasa lapar. Namun jangan terlambat datang, karena terlambat sedikit sop yang laris manis ini akan habis. Jadi lebih baik sebelum jam makan siang, anda sudah berada disini agar bisa mencicipi dengan lebih tenang tanpa harus tergesa-gesa ataupun kuatir kehabisan. Mau mencicipi ....? (Maret 2018)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar