Waroeng Kenthir Langganan ERCI Banyumas

Waroeng Kenthir merupakan nama café yang cukup popular di Purwokerto ibukota kabupaten Banyumas, letaknya tepat berada di pusat kota dan tidak terlalu jauh dari stasiun kereta api. Posisinya sangat strategis karena berdekatan dengan dua hotel terkenal, yakni hotel Aston dan hotel Java Heritage. Sehingga tidak mengherankan jika café ini mempunyai banyak pelanggan, mulai dari anak muda hingga orang dewasa. Semua umur nampaknya bisa datang kesini termasuk membawa keluarga. Namun demikian café yang bernama “Waroeng kenthir” ini pengunjungnya lebih didominasi oleh kalangan muda, khususnya untuk malem minggu atau malam hari libur lainnya.


Waroeng Kenthir 


 Waroeng Kenthir Purwokerto

Waroeng Kenthir selalu ramai dan tidak pernah sepi dari pengunjung, khususnya pada malam hari. Café ini biasa digunakan para kawula muda untuk bersantai sambil menikmati hidangan yang disajikan dengan harga yang relatif sangat terjangkau. Sehingga seringkali dijadikan tempat untuk kopdar (kopi darat/pertemuan) bagi para anggota komunitas baik komunitas sosial maupun kamunitas otomotif, seperti ERCI chapter Banyumas yang sering menjamu tamunya di cafe ini.  


 kechap ERCI Banyumas


Kalau dilihat dari namanya cukup eksentrik, kata Kenthir kalau tidak salah bermakna gila atau crazy. Menurut mas Ridwan yang menjabat sebagai manajer Kenthir atau lebih suka disebut dengan sebutan Admin, mengatakan bahwa Café Kenthir didirikan pada 17 Maret 2017 oleh Evan Raditya. Menurutnya, pemilihan nama kenthir ini terkait dengan genre nya yakni untuk semua kalangan. Selain itu, mungkin di era tahun segitu semakin aneh semakin menjadi perhatian masyarakat, entah makanannya atau harganya yang kenthir.  




 ERCI Banyumas Bersama mas Ridwan

Ketika saya masuk ke café Kenthir ini, saya lihat ruangannya cukup luas dan dapat menampung cukup banyak pengunjung. Ruangan ini secara umum terbagi menjadi dua, sebagian untuk dapur dan pelayanan dan sebagian lagi untuk ruang duduk pengunjung. Sebelum direnovasi, kata mas Ridwan, dapur disini dulunya tertutup tetapi dengan perkembangan zaman sesuai trend masa kini, maka perlu adanya perubahan, dari tertutup menjadi open kitchen.




open kitchen

 Pada awal berdirinya pelayanan kepada pengunjung dilakukan selama 24 jam dengan 3 shift perharinya. Tetapi sekarang dengan jumlah pegawai sebanyak 40 orang, jam kerjanya hanya terbagi menjadi 2 shift saja yakni antara jam 09.00 – 17.00 dan jam 17.00 – 01.00 dinihari. Jam buka ini bisa diperpanjang hingga jam 04.00 jika ada event tertentu seperti nonton bareng pertandingan sepak bola. Perubahan shift dari semula 3 menjadi 2 tentunya tidak terlepas dari adanya penurunan jumlah pengunjung, dimana saat ini sudah banyak bermunculan café-café baru dengan penawaran-penawaran yang menarik.


Daftar menu

Namun demikian, Waroeng Kenthir tidak serta merta kemudian ditinggalkan pelanggan. Karena beberapa kali saya mengunjungi café ini suasana disini masih tetap semarak dan ramai dengan pengunjung kawula muda. Selain itu masih banyak komunitas yang setia menjadikan café ini sebagai tempat kumpul-kumpul. Bahkan untuk para para pengunjung yang berasal dari komunitas, menurut mas Ridwan disediakan promo dan discount yang cukup menarik katanya. Nah. Apa saja yang bisa kita dapatkan di café ini bisa kita lihat pada daftar menu yang tersedia di setiap meja.

Bakwan Kenthir

Pisang caramel coklat dan indomie goreng

Potato wedges

Ada berbagai macam makanan dan aneka minuman baik yang panas maupun dingin. Menu utama yang ditawarkan Waroeng Kenthir ada beberapa kategori seperti maincourse, pasta, rice bowl dan penyetan. Untuk maincourse seperti beef tenderloin steak, chicken steak, dan chicken cordon blue dengan aneka sauce seperti black pepper sauce, mushroom sauce dan gravy sauce. 

Untuk pasta tersedia spaghetti dengan tiga pilihan yakni carbonara, Bolognese dan anglio olio. Untuk Rice Bowl ada sekitar 11 pilihan seperti beef teriyaki, chicken teriyaki, ayam cabe garam, katsu original, katsu sambal matah, katsu mozarela dan sosis bakso Lombok ijo. Sedangkan untuk penyetan ada ayam penyer, lele penyet, ati ampela penyet, tempe penyet, tahu penyet, dan telur penyet.

Jika anda kebetulan singgah di Purwokerto dan menginap di Hotel Aston ataupun Hotel Java Heritage, anda bisa mengunjungi café ini dengan mudah dan hanya cukup dengan berjalan kaki. Bahkan jika anda berada di depan hotel Java Heritage, maka waroeng kenthir ini akan dengan mudah terlihat karena berada di seberang jalan dengan lokasi agak kesebelah kiri. (September 2019)***



Tidak ada komentar:

Posting Komentar