Bebek Sinjai Bangkalan Madura

Kuliner daging bebek goreng memang cukup menarik, selain rasanya enak juga lumayan gurih apalagi jika digoreng agak kering dengan bumbu yang pas. Jenis kuliner yang satu ini cukup menarik dan banyak sekali penggemarnya, tapi ingat jangan terlalu sering atau terlalu banyak mengkonsumsinya, konon katanya, kuliner yang satu ini terkenal mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Tapi kalau sesekali tidak masalah kata teman saya penuh keyakinan. Kali ini saya dan beberapa teman berencana  kuliner bebek, yakni “Bebek Sinjai” yang lokasinya terletak di Bangkalan, Pulau Madura.

Suasana di RM Bebek Sinjai

Awalnya saya tidak sengaja untuk kuliner Bebek Goreng yang satu ini, tapi karena bersama teman-teman dari Surabaya, dan secara berombongan, maka makan siang pada hari itu disepakati di Pulau Madura. Saya sempat terpikir masa hanya untuk makan siang saja harus jauh-jauh ke Pulau Madura ?, mau makan apa ya pikir saya penuh tanda tanya?. Akhirnya sebelum jam 11.00 kami cepat-cepat meluncur dari Kota Surabaya menuju Pulau Madura melalui jembatan Suramadu. Setelah menyeberangi selat Madura melalui jembatan antar pulau tersebut, mobil yang kami naiki meluncur di jalan raya di Pulau Madura untuk beberapa saat. Hawa panas siang itu sangat terasa sekali sehingga harus menggunakan AC yang lebih dingin.

Setelah beberapa waktu, akhirnya mobil berhenti disebuah rumah makan besar, ramai dan penuh pengunjung, saya lihat sekeliling dan mulai membaca tulisan-tulisan yang terpangpang besar-besar, Oh….. ternyata mau makan bebek di rumah makan “Bebek Sinjai. Ketika saya turun dari kendaraan dan masuk ke dalam rumah makan, saya sempat terheran-heran juga karena pengunjungnya cukup banyak dan setiap pengunjung yang datang harus rela menunggu untuk menambil pesanan. Rupanya untuk menikmati bebek sinjai ini pengunjung harus bersabar dan mengantri sesuai giliran.


Minumnya kelapa muda

Rumah makan yang beralamatkan di Jalan Raya Ketengan No. 45 Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan Madura ini, memang sangat terkenal dengan bebek gorengnya. Meskipun tampilan rumah makannya yang agak sederhana namun rumah makan bebek Sinjai ini bisa memberikan cita rasa yang cukup menggoda. Awalnya saya agak ragu untuk menghabisakan satu porsi nasi bebek, karena untuk saya ukuran nasinya terlalu banyak dan tidak mungkin rasanya bisa dihabiskan. Tapi ternyata satu porsi nasi bebek itu habis juga, entah karena lapar atau memang karena bebeknya yang enak, atau karena keduanya pas lapar dan bebeknya memang enak.
Nasi Bebek Sinjay
Satu porsi Bebek Sinjay ini terdiri dari nasi putih yang pulen dengan daging bebek goreng kremes, potongan mentimun dan sedikit daun kemangi untuk menambah aroma segar saat kita menyantapnya. Selain itu, ada tambahan sambel yang menjadi pelengkap makan nasi bebek yang rasanya cukup pedas sehingga bisa menambah selera makan agar menjadi lebih lahap. Meskipun paket bebek sinjai ini dilengkapi dengan minuman teh botol, teh tawar ataupun es jeruk namun saya lebih memilih untuk minum air kelapa langsung dari buahnya. (September 2016)***



Tidak ada komentar:

Posting Komentar