Warung Sate Bogem Kalasan

Pesawat Citylink dengan penerbangan QG109 jurusan Adisucipto Yogyakarta menuju Halim PK dijadwalkan pada pukul 21.40, dan boarding pukul 21.10 WIB. Jadi masih punya waktu yang cukup lama, karena sekarang ini jam masih menunjukkan pukul  18.00 lebih. Sementara jalan raya Yogya – Solo nampaknya tidak terlalu padat dengan kendaraan. Karena jalan di sekitar Prambanan tidak macet, maka rencana ke bandara paling cepat nanti setelah pukul 19.00. Dengan selisih waktu sekitar 1 jam tentunya bisa digunakan untuk kuliner dulu.

 
Warung sate kambing muda Bogem


Sore itu, mobil sewaan yang saya naiki berjalan menyusuri jalan raya Yogya – Solo melewati  candi Prambanan. Isteri saya menawarkan apa tidak sebaiknya makan dulu sebelum ke bandara ?. ide yang bagus pikir saya, maka segera saja saya tanyakan ke mas Dani yang mengemudikan mobil, barangkali tahu tempat kuliner yang ada disepanjang jalan menuju bandara. “Ada pak dekat sini, sate Bogem” katanya. Nanti kita akan lewat di depannya, karena warungnya berada di pinggir jalan raya. 

Menu sate kambing muda Bogem

Lokasi sate Bogem ini tidak jauh dari lokasi Candi Prambanan, tepatnya berada di sisi selatan Jalan Raya Yogya – Solo di Km.14 daerah Bogem, Kalasan dan masuk dalam wilayah Kabupaten Sleman. Warung nya cukup ramai, banyak pengunjung dan biasanya ditandai dengan banyaknya kendaraan yang parkir didepannya. Untung saja pas kami sampai disitu masih tersedia tempat parkir untuk satu mobil dan tepat berada di depan warung. 

Daftar menu sate kambing muda Bogem

Daftar menu minuman

Kami bertiga termasuk pengemudi segera memesan sate dan tongseng untuk bertiga, semoga saja enak dan tidak mengecewakan. Belum seberapa lama setelah memesan makanan, tiba-tiba datang pengunjung lain yang nampaknya suami isteri. Pengunjung ini masuk ke dalam warung dan nampaknya sangat familiar sekali buat saya. Saya amati dan cepat saya sapa, ternyata mas Aris. Alhamdulillah bisa bertemu disini, tanpa disangka-sangka bisa makan bersama di warung sate.

Mas Aris dan isterinya

“ini juga salah satu warung sate langganan saya” kata mas Aris (jadi ingat beberapa saat lalu saya pernah ditraktir makan sate dan tongseng di warung sate Munggur Asri di jalan Godean Yogya). kalau mas Aris sudah mengatakan warung ini langganan nya, bisa dipastikan pasti makanan nya enak. Tapi nanti dulu ……, saya belum yakin betul sebelum mencicipi rasanya. Karena bisa saja beda lidah tentu beda rasa, hehehe…….

 Tongseng Bogem

  Sate Bogem

Setelah pesanan datang, kami segera menyantap bersama-sama, saya icipi dulu dengan ujung sendok kuahnya seperti apa? Ternyata enak, bahkan dagingnya juga lumayan empuk dan tidak alot. Enak atau lapar …? Hehehe ……., saya rasa enak, kalau tidak enak mana mungkin warung ini ramai didatangi banyak pengunjung dan laris sejak pagi hingga malam hari.  Pastinya enak lah karena warung ini sudah terkenal sejak pertama kali dibuka pada tahun 1988, yang berarti sudah 30 tahun berdiri.

Nasi tongseng Bogem

 Nasi sate tongseng Bogem

Selain sate dan tongseng, di warung ini juga menyediakan menu lainnya yang bisa dipesan pengunjung, diantaranya adalah sate klatak, sate ayam, sate goreng, tengkleng, nasi goreng, sop kepala kambing dan bacem kepala kambing. Mengenai harganya, untuk sate daging dihargai sebesar 21 ribu rupiah, sate campur 22 ribu, sate ayam 17 ribu, sate goreng 21 ribu, nasi goreng antara 12 ribu – 24 ribu, dan sop kepala kambing seharga 25 ribu. Bahkan bila anda ingin satu kepala kambing utuh juga bisa dipesan dengan harga 200 ribu.

Tanpa terasa jam sudah menunjukkan pukul 19.00 lebih, sate, tongseng dan nasi sudah kami habiskan, perut sudah terasa kenyang dan bahkan seusai makan pun kami masih sempat ngobrol sebentar dengan mas Aris dan isterinya. Karena mau ke bandara, maka saya segera pamit setelah menyelesaikan pembayaran.  Nah bagi anda yang kebetulan berkendara melalui jalan raya Yogya-Solo menuju Yogya,  selepas candi Prambanan, anda bisa melewati jalur lambat. pelan saja … karena tidak jauh dari lampu merah Prambanan, anda akan melihat warung sate kambing muda Bogem disisi kiri jalan. (Juli 2018)***


Tidak ada komentar:

Posting Komentar